TIP BERBICARA BAHASA INGGRIS. OLEH DARUL AMAN

Ada beberapa tip yang baik untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris. Adapun tip tersebut menurut an Gower R, Walter (1988) dan Douglas Brown (2004: 141-142) menggambarkan bahwa ada beberapa bentuk tipn dasar keterampilan berbicara (speaking skill) yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan keterampilan berbicara, adapun bentuk dasar tersebut adalah sebagai berikut:
a. Imitative. Dalam imitatif ini, siswa diharapkan mampu meniru ucapan, kosa kata baru, atau kalimat baru bahasa Inggris yang diucapkan oleh pembicara lain. Dengan demikian, peniru dipastikan bisa menyamai ucapan-ucapan penutur asli dikemudian hari.
b. Intensive. Dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, sesungguhnya sangat dibutuhkan pola intensif (meningkatkatkan kemampuan kearah yang lebih baik untuk mencapai titik sempurna) yang terintegrtas: listening, speaking, reading, dan writing skills. Sehingga penguasaan bahasa Inggris terkesan secara keseluruhan.
c. Responsive. Kepekaan seseorang dalam melakukan keterampilan berbicara bahasa Inggris secara spontanitas bertanya-jawab dengan singkat. Kesan yang muncul dari responsif ini adalah refleksi seseorang berbicara.
d. Interactive. Pada prinsipnya pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan akan lebih menarik apabila penyampaian materi bervariasi. Maksudnya memuat akan perubahan-perubahan materi dan/ atau terdapat beberapa partisipan yang ikut meramaikan percakapan. Dengan demikian, proses jalannya keterampilan berbicara bahasa inggris tidak monoton. Justru dari beberapa partisipan yang ikut dalam percakapan akan menghasilkan pembicaraan yang pragmatik dengan berbagai kebutuhan.
e. Extensive. Untuk memperkaya keterampilan berbicara bahasa Inggris, maka setiap siswa diharuskan memperbanyak tugas atau latihan yang perlu dilakukan, seperti: latihan berpidato singkat dengan kalimat sederhana dihadapan rekan sekelas atau ditempat non-formal sekalipun, memberikan penyajian materi pelajaran yang bisa memperlancar keterampilan berbicara bahasa Inggris, menyampaikan story telling sehingga siswa bisa menjadi lebih lancar dalam berbicara bahasa Inggris.
Dari kelima aspek diatas, bahasa Inggris adalah sebagai bahasa asing yang sulit dipelajari sehingga membutuhkan perlakuan khusus bagi semua siswa. Bukan saja siswa, tetapi guru juga harus berbuat seperti anjuran kelima poin diatas karena masih banyak guru bahasa Inggris sulit berbicara bahasa Inggris dengan siswa-siswanya baik di dalam maupun di luar kelas.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: