Konsep Belajar

BELAJAR MENURUT PROF. PRAYITNO (2009: 312)
Compilled
Drs. Darul Aman, M. Pd
Belajar merupakan kegiatan khas manusia (Prayitno, 2009: ) yang akan berguna baik bagi dirinya sendiri maupun pada lingkungannya. Sang Maha Pencipta menugasi manusia untuk menjadi pemimpin di muka bumi dengan Lima peran utama yakni: penguasa, pengatur, pengguna, pemelihara, dan pengembang (Prayitno, 2009: 807). Lebih lanjut, definisi belajar merupakan proses perubahan tingkah laku individu yang di peroleh melalui pengalaman, melalui proses stimulus-respon, pembiasaan, pemahaman, dan penghayatan (Prayitno, 2009: 310). Sementara, Greadler (1991:1) menyebutkan bahwa belajar merupakan proses yang ditandai adanya perubahan tingkah laku pada diri seseorang akibat adanya interaksi individu dengan lingkungannya. Perubahan yang muncul akibat belajar ialah: kecakapan, keterampilan, dan sikap untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selanjutnya belajar bagi setiap individu menjadikan dirinya untuk berubah dan akan mendapat keterampilan yang lebih baik. Dalam hal ini perubahan akibat belajar adalah berkaitan dengan kemampuan siswa yang di berikan perlakuan agar dapat melakukan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan sebaik mungkin. Perubahan itu sendiri berpuncak pada tahu, bisa, mau dan terbiasa (TBMTb, Prayitno, 2009: 312) yang keempat tersebut saling terkait satu dengan lainnya. Tahu dalam arti lain adalah mengenal adanya sebuah perubahan yang perlu untuk di lakukan secara maksimal, bisa merupakan kekuatan yang ada dalam diri individu atau siswa untuk merubah dirinya sendiri kea rah yang lebih baik, mau berarti memiliki keinginan yang tinggi untuk berubah supaya memperoleh hasil yang terbaik sementara terbiasa adalah usaha untuk memperlancar kebiasan yang telah ada menjadi kebiasaan dalam kegiatan dalam kehidupan.
Dari konsep belajar, lahir beberapa energi yang mendorong siswa untuk berubah khususnya dalam bidang keterampilan berbicara bahasa Inggris. Adapun energi itu adalah: 1) Energi peserta didik. Energi ini merupakan kekuatan pertumbuhan-perkembangan yang terus bergerak dan mendesak untuk memperoleh penyaluran dan arahan yang tepat demi pencapai tujuan ciptaan manusia (Prayitno, 2009: 317). Energi peserta didik menjadi motivasi internal yang memungkinkan setiap individu mengalami perubahan. Perubahan dari yang belum bisa menjadi terampil, pasif menjadi aktif, kreatif dan iniovatif mencapai titik sempurna khususnya dalam melakukan proses pembelajaran bahasa Inggris dalam bidang keterampilan berbicara. 2) Energi lingkungan. Di dalam energi ini adalah memberikan kenyamanan untuk mengembangkan suasana sosio-emosional yang menyejukkan dan menyenangkan. Sesuai dengan konteks pembelajaran bahwa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris bidang keterampilan berbicara sangat membutuhkan energi lingkungan yang memberikan dorongan supaya mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang baik. Dari lingkungan, siswa bisa mencontoh bentuk-bentuk komunikasi bahasa yang komunikatif dan atraktif sehingga terbiasa mempraktikkan bahasa sebagai pengantar, menyampaikan pemikiran, diskusi, dan lain-lain, 3) Energi pendidik. Peranan besar pendidik dalam kegiatan pendidikan dengan menggunakan energi yang ada pada diri pendidik adalah suatu keniscayaan. Energi pendidik mengenergikan energi-energi siswa dengan lingkungannya, pendidik mengkondisikan diskusi kelompok pembelajaran yang harmoni, pendidik memadukan diskusi dengan audiovisual dan gambar diam bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, akan terselenggara proses pembelajaran yang aktif dan dinamis dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan baik.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: