Melakukan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Storytelling

Dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris, akan lebih menarik bilamana dengan menggunakan storytelling. Mengapa dan apa keuntungannnya dengan menggunakan cara ini? sebuah penelitian oleh Arfendi (2008) menyatakan bahwa ada beberapa manfaat storytelling dalam melatih keterampilan berbicara, yakni: 1) siswa membiasakan diri dalam memahami teks yang berhubungan dengan cerita, 2) siswa banyak menyimpan kosa kata, 3) menambah wawasan siswa, 4) siswa melakukan sharing cerita baik fiksi maupun non-fiksi, 5) siswa mampu mengungkapkan masalah baru, 6) siswa merasa refliksi dalam berbicara karena menyimpan materi baru.
Dari beberapa aspek diatas, dapat disimpulkan bahwa storytelling memberikan muatan yang memperkaya siswa dalam bahan bacaan, kosa kata, terjemahan, dan sekaligus mampu memberikan komentar kritik saran atas sebuah cerita. Lalu bagaimana keterampilan bicara bahasa Inggrisnya, otomatis mereka lambat laun akan menjadi pasih dalam berbicara. dengan demikian, melalui tulisan singkat ini perbanyaklah membaca cerita singkat baik yang fiksi maupun non-fiksi karena keduanya bermanfaat terhadap keterampilan berbicara anda. Anda sebagai siswa tentu menginginkan bicara bahasa Inggris anda bisa lebih baik, maka lakukan storytelling. (Darul Aman Mhs S3 UNP Padang)

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: